Kamis, 12 Oktober 2017

Kang Said: Lulusan Pesantren Harus Warnai Kehidupan Masyarakat

Jakarta, Sang Pencerah Muslim. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, menekankan pentingnya setiap lulusan pesantren bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Menambah warna dalam khazanah kehidupan bermasyarakat minimal harus bisa dilakukan. ? "Dengan ilmu dan pengalaman hidup dari pesantren, minimal setiap santri harus bisa mewarnai kehidupan masyarakat di mana dia tinggal," kata Kiai Said di Jakarta, Selasa (22/1). Pesan yang sama disampaikan Kiai Said dalam sambutannya di acara Haul Kiai Aqil Siroj ke 23 di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/1) malam.?

Kang Said: Lulusan Pesantren Harus Warnai Kehidupan Masyarakat (Sumber Gambar : Nu Online)
Kang Said: Lulusan Pesantren Harus Warnai Kehidupan Masyarakat (Sumber Gambar : Nu Online)

Kang Said: Lulusan Pesantren Harus Warnai Kehidupan Masyarakat

Haul Kiai Siroj dilaksanakan dengan dibarengi khataman Alfiyah (kitab gramatika Arab) untuk 30 santri.?

Bisa memberikan warna dalam kehidupan bermasyarakat, lanjut Kiai Said, tak lain adalah penerapan visi dan misi seorang santri atas pendidikan yang sudah dijalaninya di pesantren. Pendidikan di pesantren diuraikannya tidak sebatas menimba ilmu keagamaan, melainkan juga akhlak, etika, dan moral, kemandirian, serta persaudaraan.?

Sang Pencerah Muslim

"Setiap lulusan pesantren adalah calon Kiai, calon Nyai, jadi memang harus bermanfaat untuk masyarakat," tambah Kang Said, demikian Kiai Said disapa dalam kesehariannya.?

Khusus di Pesantren Kempek, masih kata Kang Said, pendidikan dilakukan dengan memadukan metode klasik ala pesantren dan modern. Pendidikan keagamaan dilaksanakan pagi, sedangkan siang dan sore pendidikan umum setingkat Tsanawiyah, dan Aliyah.?

Sang Pencerah Muslim

"Kitab yang berat-berat pagi, siang dan sorenya di Tsanawiyah dan Aliyah," tuntasnya.?

Selain wali santri dan alumni, acara Haul Kiai Aqil Siroj serta khataman Alfiyah juga dihadiri oleh Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid, di mana kehadirannya juga untuk memantau pembangunan tahap akhir rumah susun sistem sewa (Rusunawa) di area pesantren.?

Redaktur ? : Mukafi Niam

Kontributor: Samsul Hadi

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Aswaja, Syariah, Pendidikan Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Kang Said: Lulusan Pesantren Harus Warnai Kehidupan Masyarakat di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock