Jumat, 13 Oktober 2017

Kiai Said: Petani adalah Orang yang Selalu Berkomunikasi dengan Allah

Jakarta, Sang Pencerah Muslim. Ketua Umum Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siroj menyatakan bahwa hanya sedikit petani yang memiliki tanah, karena kebanyakan dari mereka adalah buruh tani. “Paling banter penggarap (tanah), tapi yang paling banyak ya buruh tani,” jelas Kiai Said saat memberikan sambutan saat acara Rembug Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pengembangan? Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) di Hotel Acasia, Jakarta, pada Jumat, (15/4).?

Ia menilai bahwa petani itu memiliki watak yang ulet, rajin, tidak putus asa, dan optimis dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Allah. “Begitu menanam, (mereka) langsung menyerahkan segalanya kepada Allah, selalu berdoa dengan Allah, selalu komunikasi dengan Allah,” terangnya.

Kiai Said: Petani adalah Orang yang Selalu Berkomunikasi dengan Allah (Sumber Gambar : Nu Online)
Kiai Said: Petani adalah Orang yang Selalu Berkomunikasi dengan Allah (Sumber Gambar : Nu Online)

Kiai Said: Petani adalah Orang yang Selalu Berkomunikasi dengan Allah

Menurutnya, ada tiga hal yang sangat diperlukan oleh seorang petani, yaitu air, bibit, dan pupuk. Kalau seandainya ketiganya tersebut bisa diperoleh oleh petani dengan mudah, maka petani kita akan lebih sejahtera.

Kiai Said meminta petani Nahdliyin untuk bersikap jujur terkait dengan batas tanah. Baginya, banyak pihak yang mengubah batas tanah bahkan mencaplok tanah yang bukan miliknya. “Ini (pencaplokan tanah) sudah diwanti-wanti Rasulullah 14 abad yang lalu. Laknatullah alaihim,” katanya.

“Tunjukkan bahwa petani Nahdlatul Ulama adalah petani yang jujur. Tunjukkan,” lanjutnya. ? ?

Sang Pencerah Muslim

Lebih lanjut, Kiai Said mengutip apa yang disampaikan KH Maimoen Zubair bahwa Islam Nusantara itu diumpakan sebagai padi. Karena padi memiliki banyak bulir dan dari bulir tersebut terdapat butir-butir padi. ?

LPPNU, imbuh Kiai Said, adalah lembaga yang sangat penting karena bersinggungan langsung dengan petani yang mayoritasnya adalah warga NU.

“Oleh karena itu saya percayakan kepada pak Marwan (Ketua LPPNU dan yang juga menjabat sebagai Menteri Desa),” katanya.?

Sang Pencerah Muslim

Kiai Said berharap acara ini bisa menjadi ajang konsolidasi bagi pengurus dan ia juga berharap agar LPPNU bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah, lembaga swasta, maupun pihak mana saja yang memiliki niat yang baik untuk meningkatkan pertanian warga Nahdliyin.?

“Asal semuanya berangkat dari niat yang baik. Dengan siapa saja (kita kerjasama), tidak usah pilih-pilih,” pungkasnya. (Muchlishon Rochmat/Zunus)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim PonPes, Tegal Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Kiai Said: Petani adalah Orang yang Selalu Berkomunikasi dengan Allah di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock