Sabtu, 04 November 2017

Pesantren Virtual Rilis Teknologi Manajemen Aset Pesantren

Pati, Sang Pencerah Muslim

Pesantren Virtual merilis program Sistem Manajemen Aset Pesantren (Simasetpes) untuk memudahkan madrasah dan pesantren dalam mendata dan mengelola aset mereka. Secara umum pengembangan program Simasetpes adalah untuk mendorong tata kelola pesantren yang efesien dan modern berbasis teknologi informasi.

Pesantren Virtual Rilis Teknologi Manajemen Aset Pesantren (Sumber Gambar : Nu Online)
Pesantren Virtual Rilis Teknologi Manajemen Aset Pesantren (Sumber Gambar : Nu Online)

Pesantren Virtual Rilis Teknologi Manajemen Aset Pesantren

“Diharapkan program tersebut juga dapat mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software serupa di masa mendatang,” kata Ketua Dewan Asatidz Pesantren Virtual Muhammad Niam dalam siaran pers, Kamis (18/2).

Simasetpes didistribusikan secara gratis menggunakan GNU General Public License. Demo program dapat diakses melalui alamat http://aset.pesantrenvirtual.com dengan user “admin” dan password “bismillah”. Program ini dibuat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, khususnya dengan menggunakan framework Codeigniter, yaitu framework PHP yang sangat populer di kalangan pemula.

Sang Pencerah Muslim

Secara substansi program ini memberikan fasilitas standar untuk pengelolaan aset, seperti darimana aset diperoleh, berapa harganya, kapan diperoleh, bagaimana kondisinya, siapa penanggung jawabnya dan dimana lokasinya. Program juga dilengkapi fasilitas untuk mencetak label barang dan mencetak Kartu Inventraris Ruang atau KIR.

“Banyak pesantren yang belum melakukan majemen aset dengan baik, padahal bantuan pemerintah untuk pesantren yang berupa aset sering didasarkan kepada data aset pesantren. Oleh karena itu Pesantren Virtual berniat membantu pesantren dalam mendata asetnya dengan mudah dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujar Niam.

Sang Pencerah Muslim

Salah satu yang ingin ditekankan dalam program ini adalah kemudahaan dan penyederhanaan. Program ini disusun dengan pendekatan user friendly dan self explanatory, yaitu mudah bagi pengguna dan memberikan petunjuk mandiri sehingga memudahkan semua pihak untuk menerapkannya, bahkan tanpa training atau petunjuk khusus.

Sebelumnya Pesantren Virtual telah merilis program Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren (Simapes). Program tersebut telah mendapatkan sambutan positif dari kalangan pesantren di Indonesia. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Provinsi Jawa Tengah bahkan telah memfasilitasi Simapes agar dapat digunakan oleh pesantren-pesantren se-Jawa Tengah.

“Semoga program tersebut bermanfaat bagi lembaga pendidikan di Indonesia dan khususnya madrasah dan pesantren. Ke depan, Pesantren Virtual berkomitmen untuk mengembangkan program-program aplikasi praktis yang diperlukan pesantren-pesantren,” tutup Niam. (Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Amalan, Makam Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Pesantren Virtual Rilis Teknologi Manajemen Aset Pesantren di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock