Minggu, 03 Desember 2017

Muslimat NU Bina 36 Desa Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

Pangkep, Sang Pencerah Muslim. Program Pembelajaran Pelayanan Sosial Dasar yang digelar Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) di Biring Ere, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan pada Jumat-Ahad (25-27/8) lalu. Kegiatan ini masih menggandeng Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Ketua II PP Muslimat NU Hj Nurhayati Said Aqil Siroj mengatakan, Muslimat NU mulai menjalin kerja sama dengan Kemendes PDTT sejak tahun 2007. Tim PDT Muslimat NU telah membina 36 desa di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kualitas masyarakat khususnya pemberdayaan perempuan desa.

Muslimat NU Bina 36 Desa Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan (Sumber Gambar : Nu Online)
Muslimat NU Bina 36 Desa Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan (Sumber Gambar : Nu Online)

Muslimat NU Bina 36 Desa Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

“Tahun 2012 Muslimat NU sudah membina perempuan desa dengan berbagai keterampilan mulai dari menjahit, kecantikan, tata boga sampai dengan bengkel,” jelas istri Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj ini.

Di Biring Ere ini, kata Nurhayati, dana yang diturunkan oleh Kemendes PDTT berupa peningkatan kualitas dan kapasitas perempuan desa melalui pelatihan-pelatihan. Untuk Biring Ere sekarang pelatihannya mencakup 4 bidang yaitu; kelembagaan, kesehatan,pendidikan (PAUD), dan ekonomi melalui kewirausahaan.

Sang Pencerah Muslim

Ia mengungkapkan, Muslimat sudah hadir di 34 provinsi, dan 500 kabupaten/kota hingga ke luar negeri. Yang terakhir di bentuk kepengurusan di Hongkong.?

Nurhayati menekankan bahwa organisai perempuan terbesar dengan jumlah anggota mencapai 22 juta ini memiliki identitas sendiri yaitu Muslimat NU dengan Aswaja. “Jangan terkecoh dengan organisasi lain yang hampir mirip namanya dengan Muslimat,” ucapnya.

Sang Pencerah Muslim

Dalam keaswajaan, imbuhnya, Muslimat NU memiliki ciri sendiri dengan tradisi-tradisi keagamaan yang sudah dibangun oleh para pendiri NU sejak sebelum kemerdekaan.

“Dengan keterlibatan dalam Muslimat NU, ibu-ibu mendapat kebaikan positif yaitu dengan mengikuti majelis ta’lim secara teratur selain itu juga dapat bersilahturahmi dengan ibu-ibu lainnya,” papar Nurhayati.

Ia menandaskan, sebagai suatu organisasi yang resmi, Muslimat NU memiliki visi dan misi yang berfokus pada peningktan kualitas perempuan dan keluarga Indonesia di masa depan.?

Hadir dalam kesempatan ini Anggota DPR RI Andi Jamaro Dulung dan Kepala Desa Biring Ere, Alam serta para kader Muslimat NU setempat. (Red: Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Hikmah, Quote Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Muslimat NU Bina 36 Desa Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock