Selasa, 07 November 2017

Seno Gumira Ajidarma: NU Itu Eksotis

Jakarta, Sang Pencerah Muslim?



Seno Gumira Ajidarma berpendapat bahwa NU eksotis, sesuatu yang tidak terlalu dikenalnya, tapi menarik, indah. Ia mengatakan hal tersebut selepas menjadi narasumber ngaji film dan sejarah dalam rangka peringatan harlah ke-91 NU yang berlangsung di gedung PBNU, Jakarta, Senin (30/1).?

“Sampai sekarang juga saya tidak terlalu kenal. Artinya saya hanya kenal mitosnya. Menarik, berwibawa, lama, lawasan. Tapi itu omongan orang,” kata penulis novel “Kitab Omong Kosong” tersebut.

Seno Gumira Ajidarma: NU Itu Eksotis (Sumber Gambar : Nu Online)
Seno Gumira Ajidarma: NU Itu Eksotis (Sumber Gambar : Nu Online)

Seno Gumira Ajidarma: NU Itu Eksotis

Ia mengenal citra NU ketika berkenalan dengan keluarga Ketua Umum PBNU 1984-1999 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).?

“Saya kebetulan kenal dengan istrinya Gus Dur, Mbak Nur (Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, red.). Itu kan teman saya wartawan, di sebelah meja saya. Tidak seperti bayangan saya. NU modern, pinter. Kemudian kenal Gus Dur. Kemudian kenal anak-anaknya, Yenny segala. Tapi jangan-jangan mereka tidak mewakil semuanya. Begitu lho,” jelasnya.?

Sang Pencerah Muslim

Lebih lanjut ia mengatakan, dilihat dari paham-pahamnya dan pemikiran tokoh NU secara organisasi, kadang-kadang mitos itu pudar. Tapi bukankah relitas lebih baik dari mitosnya?

Peran-peran yang harus dijalankan NU, lanjutnya, mesti mencegah, melawan, menjelaskan segala sesuatu yang sekarang ini membingungkan.?

Sang Pencerah Muslim

“Imej Islam yang keras, saya kira bisa dibersihkan oleh NU. NU potensil untuk melakukan itu,” katanya. (Abdullah Alawi)?

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Pendidikan, Kiai Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Seno Gumira Ajidarma: NU Itu Eksotis di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock