Jumat, 24 November 2017

Hasyim: Perjuangkan Kesetaraan Jender dalam Keluarga

Jakarta, Sang Pencerah Muslim
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi meminta kepada Fatayat NU untuk turut memperjuangkan kesetaraan gender di dalam masyarakat, terutama dalam kehidupan keluarga.

Hal itu disampaikannya pada acara puncak peringatan Harlah ke-56 Fatayat NU di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat Sabtu (10/6) malam.

Hadir pada acara bertajuk “Perempuan Peduli Bangsa“ itu, Ketua Umum PP Fatayat, Maria Ulfah Anshor, Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Zanuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid dan Pengasuh Pondok Pesantren Barokatul Qodiry, KH Junaidi Al Baghdadi.

Dalam acara yang diikuti ribuan warga nahdliyyin itu, Hasyim mengatakan, meski di dalam ajaran agama Islam, laki-laki memiliki tangungjawab penuh terhadap sebuah keluarga, namun bukan berarti peran perempuan tidak ada sama sekali. Sifat lembut yang terdapat dalam diri perempuan, menurutnya merupakan sebuah kekuatan tersendiri.

“Laki-laki identik dengan kuat. Perempuan lembut. Di dalam kelembutan itulah letak kekuatan perempuan. Oleh karenanya, jangan dihilangkan kelembutan itu,” kata Hasyim.

Mantan Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur itu juga meminta kepada Fatayat NU agar turut mengembangkan gagasan serta pemikiran Islam moderat dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.

Hubungan baik antarumat beragama harus tetap dijalankan. Namun demikian, Hasyim berharap, Fatayat NU bisa menjaga identitas ke-NU-an, yakni sikap moderat dan toleran. “Paradigma hubungan lintas agama dari Fatayat NU harus jelas, agar tidak kehilangan identitas, yakni moderat dan toleransi,“ ungkapnya.

Sikap moderat dari NU itu, ungkap Hasyim, tidak hanya diwujudkan dalam masyarakat Indonesia saja, melainkan dalam dunia internasional. Untuk keperluan itu, Hasyim berjanji akan mengikutsertakan Fatayat NU dalam hubungan dengan dunia internasional.

“PBNU akan mengikutsertakan Fatayat NU dalam urusan internasional,“ kata Hasyim. (rif)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim AlaNu Sang Pencerah Muslim

Hasyim: Perjuangkan Kesetaraan Jender dalam Keluarga (Sumber Gambar : Nu Online)
Hasyim: Perjuangkan Kesetaraan Jender dalam Keluarga (Sumber Gambar : Nu Online)

Hasyim: Perjuangkan Kesetaraan Jender dalam Keluarga

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Hasyim: Perjuangkan Kesetaraan Jender dalam Keluarga di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock