Senin, 24 Juli 2017

PMII Sumbar Bincang Islam Nusantara

Padang, Sang Pencerah Muslim? . Dalam rangka memperkuat silaturahim sesama pengurus, kader dan alumni, Pengurus Koordinaor Cabang (PKC) Pergarakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan buka puasa bersama sekaligus bedah masalah Islam Nusantara.?

PMII Sumbar Bincang Islam Nusantara (Sumber Gambar : Nu Online)
PMII Sumbar Bincang Islam Nusantara (Sumber Gambar : Nu Online)

PMII Sumbar Bincang Islam Nusantara

Dalam pengantar diskusi yang berlangsung 9 Juli lau, Ketua PKC PMII sumbar Afriendi Sikumbang menyampaiakan, istilah Islam Nusantara adalah kajian yang sangat penting untuk dibedah. Sebabnya ada banyak pemahaman dan pro-kontra masyarakat.?

Menurutnya, Islam Nusantara tidak dapat dikatakan sebagai pengakuan atas keberadaan kelompok Islam yang ada di Nusantara adalah Islam yang tumbuh dan berakulturasi dengan budaya masyarakat Idonesia.

Sang Pencerah Muslim

Sementara Ketua PBNU yang juga Ketua Mabinda PKC PMII Sumatera Barat Prof.Dr.H. Maidir harun yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut menegaskan, Islam Nusantara adalah memegang teguh prinsip Islam Ahlussunnah Waljama’ah dan bukan yang lainnya.?

Sang Pencerah Muslim

Karena, kata dia, dengan Ber-aswaja, Islam dan Indonesia dapat menyatu. Agama juga mengakui keberadaan manusia sebagai makhluk berinteraksi dan berbudaya. Guru besar Fakultas Ilmu Budaya Islam IAIN Imam Bonjol Padang tersebut mendalihkan bahwa Islam Nusantara menjadikan umat toleran.

Toleran, menurut dia, bukan berarti mengakui kebenaran agama lain atau mengakui ajaran sesat, tetapi bagaimana menganggap mereka sebagai umat yang juga punya hak berkeyakinan. Jika mereka salah maka harus dirangkul yang penting tidak boleh melakukan kekerasan sesama umat manusia.

Hadir dalam acara buka puasa bersama seluruh Pengurus Cabang PMII Se-Sumbar, alumni PMII, pengurus PWNU, dan jajaran pengurus ? komisariat PMII se-Kota Padang. (Red: Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Ahlussunnah Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. PMII Sumbar Bincang Islam Nusantara di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock