Jumat, 19 Agustus 2016

“Hubbul Wathon” Mbah Wahab, Lagu Wajib Madin Indonesia

Karanganyar, Sang Pencerah Muslim. Ririn Setyowati Musyarofah, seorang ustadzah Madin Indonesia di Karanganyar mengusulkan kepada Kepala Madrasah untuk mengajarkan santri syair nasionalisme “Hubbul Wathan” karya KH Abdul Wahab Chasbullah. Musyarofah yakin, syair ini jauh lebih berguna daripada lagu-lagu dewasa yang dikomsumsi anak-anak masa kini.

“Hubbul Wathon” Mbah Wahab, Lagu Wajib Madin Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)
“Hubbul Wathon” Mbah Wahab, Lagu Wajib Madin Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)

“Hubbul Wathon” Mbah Wahab, Lagu Wajib Madin Indonesia

“Awalnya kepala madrasah hanya berpesan mengajarkan saja, namun karena syair ini warisan penting yang harus diketahui dan tidak boleh dilupakan, maka diputuskan menjadi lagu wajib,” ujar Musyarofah kepada Sang Pencerah Muslim di desa Ngadirejo kecamatan Mojogedang, Karanganyar, Jum’at (19/9).

Syair ini layak dipilih karena sesuai dengan nama dan semangat yang diusung Madin Indonesia, menumbuhkan generasi yang cinta tanah air. “Dan syair ini karya pendiri NU untuk Indonesia,” Musyarofah menegaskan.

Sang Pencerah Muslim

Generasi muda perlu melafalkan syair-syair bernilai positif. “Sekarang banyak sekali lagu-lagu dewasa yang didengar anak-anak di rumah. Sehingga, kerap mereka tanpa sadar menyanyikan lagu-lagu orang dewasa ketika mengikuti pembelajaran,” imbuhnya.

Sang Pencerah Muslim

Dari situlah timbul keprihatinan kami. Kita berniat mengalihkan lagu-lagu mereka selama ini pada syair yang lebih bermakna dan mendidik.

“Alhamdulillah, sejak pertama syair hubbul wathon diajarkan santri merespon positif. Salah satunya terlihat saat santri sedang di rumah atau sedang bermain. Mereka melantunkan, Ya Lal Wathon/Ya Lal Wathon/Ya Lal Wathon/Hubbul Wathon minal iman. Ya memang baru dua bait itu yang dihafal karena baru tiga kali pertemuan,” kata Musyarofah. (Ahmad Rosyidi/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Nasional, RMI NU, Bahtsul Masail Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. “Hubbul Wathon” Mbah Wahab, Lagu Wajib Madin Indonesia di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock