Jumat, 13 Februari 2015

Pesantren Tremas Gelar Haflah Nasional

Pacitan, Sang Pencerah Muslim. Perguruan Islam Pondok Pesantren Tremas Pacitan, Jawa Timur menggelar Haflah Nasional Akhiruddirosah dan Wisuda Purna Belajar santri? tahun pelajaran 1434 H/2013 M, pada Sabtu malam (29/6).

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh wali santri kelas III Madrasah Salafiyah Mu’adalah dari seluruh indonesia, para alumni, dan santri. Para hadirin berduyun-duyun mendatangi komplek Perguruan Islam PondokTremas Pacitan untuk mengikuti jalanya kegiatan tahunan itu.

Pesantren Tremas Gelar Haflah Nasional (Sumber Gambar : Nu Online)
Pesantren Tremas Gelar Haflah Nasional (Sumber Gambar : Nu Online)

Pesantren Tremas Gelar Haflah Nasional

Walaupun hujan deras sempat turun diawal acara, namun tidak menyurutkan semangat para hadirin dan kemeriahan acara Haflah.

Sang Pencerah Muslim

Dalam kesempatan itu, sebanyak 164 santri kelas III Madrasah Aliyah Salafiyah Mu’adalah diwisuda sebagai bentuk formal? telah menyelesaikan jenjang pendidikan diPerguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan KH.Fuad Habib dalam sambutanya berharap, bahwa para santri yang sebentar lagi lulus dari pondok untuk terus melanjutkan menuntut ilmu, karena dalam agama, tidak ada bahasa cukup dalam menuntut ilmu.

Sang Pencerah Muslim

“Menuntut ilmu itu tidak ada batasnya, bukan wajib 9 atau 12 tahun, Tapi Minal Mahdi Ilal Lahdi,dari bayi hingga meninggal dunia nanti”demikian kata beliau.

Pendiri, pelajar pertama Indonesia di AL-Azhar

Haflah Akhiruddirosah diisi dengan Mauidhoh Hasanah yang disampikan oleh KH.Luqman Harist Dimyathi, Pimpinan Majlis Ma’arif Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Dalam pidatonya yang berlangsung 45 menit itu, ia menyampaikan banyak hal. Salah satunya mengulang kembali tentang ketokohan Pendiri Pondok Tremas, KH. Abdul Manan Dipomenggolo yang mashur itu.

Dalam buku yang dimilikinya; Jauh di Mata Dekat di Hati, cetakan Kedutaan Besar RI di Kairo Mesir di situ ditulis bahwa KH. Abdul manan, Pendiri PondokTremas adalah salah satu komunitas pertama orang Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar Mesir pada tahun 1850 M,” katanya disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Selain itu, Gus Luqman yang menjabat? sebagai Sekjen dalam kepengurusan Forum Komunikasi Pesantren Mu’adalah se-Indonesia, menyatakan bahwa ijazah Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dari mulai pendidikan TK sampai Perguruan Tinggi sudah? diakui oleh Negara Republik Indonesia.

“Katakan kepada dunia, bahwa di Tremas mulai dari TK sampai perguruan tinggi ijazahnya maa fil muskilah, tidak ada masalah. Sudah diakui oleh negara Republik Indonesi.”

Kiai muda yang duduk sebagai A’wan Syuriah PWNU Jawa Timur menambahkan, hal itu sebagai bentuk penghargaan negara kepada pesantren melalui status pesantren Mu’adalah.

Di Indonesia saat ini pesantren yang mendapatkan status Pesantren Mu’adalah sesuai dengan SK terbaru dari Dirjen Pendis, Kemenag RI terhitung bulan januari hanya ada 32 pesantren. Salah satunya adalah Pondok Tremas.

Sementara itu, acara Haflah Akhiruddirosah dan Wisuda Purna Belajar santri baru berakhir padapukul 02.15 dini hari.

Redaktur: Abdullah Alawi

Kontributor: Zaenal Faizin

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim News, Nasional Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Pesantren Tremas Gelar Haflah Nasional di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock