Jumat, 19 Januari 2018

Upayakan Mandiri, Kotak Koin NU Ini Kumpulkan 400 Juta Sebulan

Jakarta, Sang Pencerah Muslim - Ketua Lembaga Amil Zakat NU (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sragen Suranto bersilaturahmi di Lantai 3 Gedung PBNU Jakarta, Senin (3/4) sore. Di Jalan Kramat Raya 164 ini, ia melaporkan dan mendorong PBNU untuk menjadikan salah satu program PCNU Sragen, yaitu gerakan Kotak Infak (Koin) NU menjadi gerakan nasional. Program ini sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun.

Kotak Koin NU, kata Suranto, salah satu upaya dilaksanakan oleh PCNU Sragen untuk NU yang mandiri. Meski kotaknya kecil karena hanya berukuran 9 cm2, namun ia mengaku itu cukup efektif karena mampu menggerakkan Nahdliyin untuk berinfak di Kotak Koin NU.

Upayakan Mandiri, Kotak Koin NU Ini Kumpulkan 400 Juta Sebulan (Sumber Gambar : Nu Online)
Upayakan Mandiri, Kotak Koin NU Ini Kumpulkan 400 Juta Sebulan (Sumber Gambar : Nu Online)

Upayakan Mandiri, Kotak Koin NU Ini Kumpulkan 400 Juta Sebulan

“(Kotak Koin NU) untuk mengumpulkan uang receh. Koin adalah uang receh, tapi juga menerima uang kertas,” katanya.

Sang Pencerah Muslim

Ia menjelaskan, kotak kecil ini bukan sembarang kotak karena dengan ini ia berupaya untuk menyukseskan program-program besar seperti program pendidikan, program kesehatan, dan program ekonomi. Meski kecil, rata-rata satu bulannya Koin NU ini mampu menghasilkan empat ratus juta.

Kotak Koin NU ini, jelas Suranto, dihitung satu bulan sekali secara ramai-ramai. “Untuk bulan April itu dihitung di alun-alun. Dapatnya berapa disepakati, dibelikan armada bis. Jadi bis NU Sragen,” jelasnya.

Sang Pencerah Muslim

Ia mengatakan, saat memasukan koin atau uang ke dalam Kotak Koin NU ini, mereka dilatih untuk melafalkan niat. Ia menjelaskan, biasanya yang suka berinfak koin itu anak-anak. Karenanya, ini adalah salah satu upaya untuk merangsang orang untuk berinfak sedini mungkin.

“(Contoh niat saat memasukkan koin) Ya Allah, saya minta pintar, plung. Lagi, Ya Allah, saya minta jadi anak yang saleh-salehah, plung. Dari sosialisasi, Ini (cara memasukkan koin) yang paling mengena karena diniati satu-satu,” urainya.

Wakil Ketua LAZISNU PCNU Sragen Amin Ariwibowo mengamini apa yang disampaikan ketuanya itu. Ia menjelaskan, target utama dari program Kotak Koin NU ini adalah terciptanya kemandirian NU.

Ke depan, dengan program Koin NU ini PCNU Sragen akan merintis beberapa program yang bermanfaat untuk warga NU seperti pengobatan gratis, beasiswa pendidikan, dan juga membangun ekonomi kerakyatan.

Warek (kenyang), waras (sehat), pinter. Harapan besarnya adalah seperti itu (untuk Nahdliyin),” jelasnya.

Kotak Koin NU itu lahir karena stereotip masyarakat sekitar bahwa NU itu tidak baik manajemennya. Kotak Koin NU ini berukuruan 9 cm2, sebagaimana simbol NU bintang 9; bagian depan kotak adalah logo NU, bagian belakang adalah huruf yang menunjukkan jumlah ranting di MWC, sebelah kanan adalah kode pemegang kotak koin.

Kotak Koin NU ini juga dilengkapi dengan buku panduan dan CD. Rencananya, 14 april nanti Kotak Koin NU akan diluncurkan menjadi gerakan nasional. (Muchlishon Rochmat/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Aswaja Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Upayakan Mandiri, Kotak Koin NU Ini Kumpulkan 400 Juta Sebulan di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock