Minggu, 14 Januari 2018

Pembangunan Asrama Haji Bertaraf Internasional di Padangpariaman Dimulai

Padangpariaman, Sang Pencerah Muslim. Menteri Agama RI  Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf internasional di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, diharapkan dapat selesai dibangun dalam tempo 2 tahun. Sehingga pada tahun 2017 mendatang sudah bisa dimanfaatkan sebagai embarkasi haji dari tiga provinsi, yakni Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu.

Pembangunan Asrama Haji Bertaraf Internasional di Padangpariaman Dimulai (Sumber Gambar : Nu Online)
Pembangunan Asrama Haji Bertaraf Internasional di Padangpariaman Dimulai (Sumber Gambar : Nu Online)

Pembangunan Asrama Haji Bertaraf Internasional di Padangpariaman Dimulai

Menag Lukman Hakim Saifudddin mengatakan hal itu pada peletakan batu pertama pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf internasional, Senin (11/5/2015), yang berlokasi di Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Peresmian dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wagub Sumbar Muslim Kasim, Kepala Kemenag Sumbar Salman, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, pejabat di Provinsi Sumbar, di Kabupaten Padangpariaman dan sekitar 20.000 undangan lainnya yang memadati lokasi peletakan batu pertama.

Sang Pencerah Muslim

Menurut Lukman Hakim, meski pelaksanaan haji sekali setahun, pelayanan jamaah saat berangkat dan kembali di tanah air amatlah penting. Untuk itulah pembangunan asrama haji ini. Karena pemanfaatan untuk pelaksanaan jamaah haji sekali setahun, maka perlu dipikirkan agar asrama haji ini dapat berfungsi di luar musim haji.

 

Sang Pencerah Muslim

"Sarana dan prasarana asrama haji difungsikan sebagai Islamic Center, difungsi sebagai pengembangan dan pembinaan umat Islam. Untuk itu, harus ada orang yang paham agama, memiliki ilmu pengetahuan, dan pelatihan-pelatihan dapat dilaksanakan di sini. Ini membutuhkan sumber daya manusia yang mampu melakukan pembinaan umat," kata Lukman Hakim anak kandung mantan Menteri Agama era Presiden Soekarno, yakni Saifuddin Zuhri.

 

Dikatakan Lukman, jangan sampai terjadi Islamic Center-nya megah, tapi sepi dari kegiatan keagamaan. Diharapkan pembinaan umat Islam harus lebih maksimal di daerah ini. "Lima bulan lalu, tepatnya 9 Desember 2014 dilangsungkan penyerahan sertifikat tanah ini oleh Pemerintah Daerah. Hari ini langsung kita letakkan batu pertama pembangunannya. Untuk pelaksanaan pembangunannya agar sesuai dengan jadwal, perlu sinergi semua pihak, Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman," kata Lukman.

 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengakui banyaknya perhatian Menag terhadap Provinsi Sumatera Barat. Diantaranya peletakan batu pertama pembangunan kampus baru IAIN Imam Bonjol Padang, peresmian IAIN Bukittinggi yang semula bernama STAI, pembangunan MAN Cendikia dan sekarang peletakan batu pertama pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center.

 

"Lokasi asrama haji ini hanya 2,5 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Pembangunan jalan tersebut dibangun melalui APBD Sumatera Barat sebesar Rp 200 miliar. Pembangunan ini memang perlu dukungan semua pihak. Kalaupun ada urusan tanah, wajib kita selesaikan. Pokoknya tidak ada masyarakat yang akan dirugikan," kata Irwan Prayitno.

 

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni menyebutkan, pembangunan asrama haji ini merupakan penantian yang kurang lebih 15 tahun lamanya. Sejak Bupati Padangpariaman Muslim Kasim yang sekarang menjabat Wakil Gubernur Sumbar. Pemkab Padangpariaman terus berupaya keras agar asrama haji ini terujud. Tahun ini disediakan anggaran APBD Padangpariaman Rp 1 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 700 m dari jalan lintas Padang – Bukittinggi menuju lokasi asrama. (Armaidi Tanjung/Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Makam Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Pembangunan Asrama Haji Bertaraf Internasional di Padangpariaman Dimulai di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock