Selasa, 16 Januari 2018

Ketum PBNU Jelaskan Sejarah Pertama Kali Munculnya Istilah “Uang”

Medan, Sang Pencerah Muslim

Uang adalah benda yang setiap hari manusia pegang sebagai alat tukar-menukar. Tak banyak yang memahami istilah uang pertama kali muncul pada zaman Nabi Muhammad SAW, bahkan sebelum dirinya diangkat menjadi Nabi. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj saat memberi sambutan dalam pembukaan Rakernas LPNU, Sabtu (2/4) di Medan International Convention Center (MICC) Sumatera Utara.

Kang Said menjelaskan, Rasulullah adalah pebisnis sukses yang menjalani pekerjaannya dengan ulet, rajin, dan jujur. Jiwa bisnis Nabi bersumber dari para leluhurnya yang juga para pebisnis, di antaranya leluhur Nabi nomor ke-11.

Ketum PBNU Jelaskan Sejarah Pertama Kali Munculnya Istilah “Uang” (Sumber Gambar : Nu Online)
Ketum PBNU Jelaskan Sejarah Pertama Kali Munculnya Istilah “Uang” (Sumber Gambar : Nu Online)

Ketum PBNU Jelaskan Sejarah Pertama Kali Munculnya Istilah “Uang”

“Rasulullah dipilih dari keluarga pelaku bisnis, yaitu dari keturunan Quraisy. Quraisy adalah panggilan kakeknya yang nomor 11 yang bernama Fihir. Dia menguasai perdagangan di seluruh jazirah Arab, kalau musim dingin berdagang di Yaman dan Ethiopia dan kalau musim panas berdagang di Syam dan Lebanon,” papar Kang Said.

Fihir, lanjutnya, adalah orang yang sukses berdagang dan mengelola uang. Uang itu bahasa Arabnya Qursy atau istilah sekarang “Kurs”, maka Fihir dipanggil dengan julukan “Quraisy” yaitu orang yang sukses mengelola kurs atau uang.?

“Tapi dulu kurs itu artinya uang koin bukan uang kertas seperti sekarang,” jelas Kiai asal Cirebon ini.

Sang Pencerah Muslim

Lebih jauh, Pengasuh Pesantren Ats-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan ini menerangkan bahwa warga NU harus menjadi pebisnis sukses dan amanah seperti yang diteladankan oleh Nabi Muhammad. Hal ini dia katakan karena potensi ekonomi warga NU besar dan melimpah ditambah jiwa kemandirian yang ditempa di pesantren.

“Jangan berpikir bahwa Nabi Muhammad itu miskin, beliau kaya dan pebisnis sukses, tetapi tetap menunjukkan keuletan, kerja keras, jujur, amanah, dan sederhana,” jelas Guru Besar Ilmu Tasawuf ini.

Kegiatan Rakernas LPNU ini dihadiri oleh pengurus LPNU dari 33 wilayah dari seluruh Indonesia, Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin, Rais Syuriyah PBNU KH Syekh Ali Akbar Marbun, Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sekjen PBNU HA Helmy Faishal Zaini, Ketua PP LPNU H Harvick Hasnul Qolbi, jajaran pengurus PBNU, lembaga dan Banom NU di Medan. (Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Pertandingan Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Ketum PBNU Jelaskan Sejarah Pertama Kali Munculnya Istilah “Uang” di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock