Selasa, 05 Desember 2017

Ketua Fatayat Tasikmalaya Inspirasi Perempuan Muslim Indonesia

Tasikmalaya, Sang Pencerah Muslim. Ketua Fatayat NU Kabupaten Tasikmalaya Hj. Enung Nursaidah Ilyas tercatat sebagai salah satu “Tokoh Inspirasi” pada buku “Dari Inspirasi Menjadi Harapan, Perempuan Muslim Indonesia dan Kontribusinya Kepada Islam yang Pluralis dan Damai."

Buku yang diterbitkan oleh LBH APIK Jakarta tersebut diluncurkan dan dibedah di Gedung Ukhuwah Islamiyah di Jalan Muktamar NU XXIX Cipasung pada Kamis, 8 Oktober 2015. Pada peluncuran, hadir penulisnya, Nusyahbani Katjasungkana, Ratna Batara Munti sebagai Narasumber. Serta Enung sendiri.

Ketua Fatayat Tasikmalaya Inspirasi Perempuan Muslim Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)
Ketua Fatayat Tasikmalaya Inspirasi Perempuan Muslim Indonesia (Sumber Gambar : Nu Online)

Ketua Fatayat Tasikmalaya Inspirasi Perempuan Muslim Indonesia

Menurut Ratna Batara Munti, putri ketiga KH IlyasRuhiat tersebut adalah sosok hebat dari pesantren dalam memperjuangkan hak hak perempuan pesantren. ia mampu memberikan manfaat ke masyarakat umum dengan PUAN Amal Hayati Cipasung yang dipimpinnya.

Sang Pencerah Muslim

Enung, kata dia, mendirikan Pusat Krisis Untuk Perempuan Korban Kekerasan (PUSPITA) sebagai divisi PUAN Amal Hayati yang dipimpin Hj Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. PUSPITA berhasil menangani masyarakat korban KDRT. Datanya menjadi rujukan pemerintah Tasikmalaya di bidang tersebut.

Dan, sambung dia, Enung ini salah seorang aktivis dari Tasik yang terus menyuarakan hak perempuan dan terus mengawalnya. ”Jadi, menurut saya, ia adalah tokoh luar biasa,” tegasnya.

Sang Pencerah Muslim

Ratna meneruskan, sebagai Fatayat NU, Enung aktif dalam Kelompok Kerja Pemerintah Kabupaten yang dibentuk untuk memberantas kekerasan terhadap perempuan dan juga bekerja di Komisi Kesehatan Reproduksi Kabupaten Tasikmalaya.

Ia menyimpulkan, semua itu menunjukan putri KH Ilyas Ruhiat (Rais Aam PBNU 1994-1999) sungguh-sungguh bekerja untuk kemanusiaan di wilayah Tasikmalaya. Apalagi ketika ia mendirikan PUSPITA pada tahun 2004.

Enung Nursaidah Ilyas menceritakan prosesnya. Mulanya ia didatangi Ratna Batara pada 2010 lalu. “Ia datang ke Cipasung mengadakan penilitian, mewawancarai saya. Saya terkejut, ada apa tanya saya?” ungkapnya.

Ia mengaku terkejut ketika wawancara itu untuk buku “Dari Inspirasi Menjadi Harapan” yang akan memuat 6 Tokoh Perempuan Muslim Indonesia. “Saya terkejut karena sadar kapasitas saya. Tapi ia memaksa, ya sudah, tidak baik menolak maksud baik orang,” jelasnya. ?

Menurut Enung, hingga kini PUSPITA telah menangani 221 kasus. Dengan mediasi, kasus-kasus dalam keretakan rumah tangga, PUSPITA berhasil mendorong mereka untuk mempertahankan keutuhan keluarga. “Dan ada juga yang kami bantu untuk penceraian jika jalan yang terbaik itu,” katanya.

PUSPITA didirikan untuk pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat dan wanita pada khususnya. “Saya juga dibantu oleh suami saya, Dokter Jajang, sehingga jika ada korban yang terluka kita bisa langsung tangani,” pungkasnya. (Husni Mubarok/Abdullah Alawi)

Keterangan gambar: Hj.Enung (Samping Kanan depan) Hj.Shinta (tengah depan) H.Noorcholis Tisnawan( Samping Kiri Depan, Ketua NU). Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim IMNU Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Ketua Fatayat Tasikmalaya Inspirasi Perempuan Muslim Indonesia di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock