Jumat, 15 Desember 2017

Islam Masuk ke Indonesia dengan Tata Krama

Pringsewu, Sang Pencerah Muslim. Wali Songo yang telah menyebarkan agama Islam di tanah air tidak secara langsung melarang kebiasaan dan adat masyarakat, melainkan dengan tata krama. Namun para wali dengan pelan memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat pada waktu itu.

Demikian disampaikan, Katib Syuriyah PCNU Kabupaten Pringsewu yang juga Sekretaris Umum MUI Kabupaten Pringsewu, Ustadz Munawir di depan para Jamaah yang hadir pada Safari Ramadhan MUI Kabupaten Pringsewu di Kecamatan Pagelaran Utara, Senin (21/06).

Islam Masuk ke Indonesia dengan Tata Krama (Sumber Gambar : Nu Online)
Islam Masuk ke Indonesia dengan Tata Krama (Sumber Gambar : Nu Online)

Islam Masuk ke Indonesia dengan Tata Krama

"Para wali tidak langsung mengajarkan Qul Huwallah, tidak langsung mengajarkan shalat dan larangan larangan dalam Islam. Secara pelan masyarakat sadar dan tahu sendiri tentang Agama Islam sebagai rahmatan lil alamin," terang ulama muda Kabupaten Pringsewu ini.

Sang Pencerah Muslim

Menurut Munawir, para wali menggunakan cara yang santun dan hikmah melalui budaya. Karena Islam dan budaya tidak bisa dipisahkan. "Budaya Arab dengan budaya Indonesia tentunya berbeda, maka tidak bisa memaksakan budaya Indonesia diganti dengan budaya Arab," terangnya.

Oleh karena itu, Munawwir mengajak kepada umat Islam untuk senantiasa menjaga budaya leluhur selama budaya tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama Islam. Munawwir juga mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk lebih berhati-hati terhadap model-model atau aliran-aliran Islam baru yang ramai muncul di era sekarang ini.

Sang Pencerah Muslim

"Banyak model-model Islam yang muncul sekarang ini yang menafikan keragaman budaya Indonesia serta cenderung keras sehingga dapat menyebabkan keresahan di tengah tengah masyarakat," ujarnya. (Muhammad Faizin/Fathoni)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Warta Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Islam Masuk ke Indonesia dengan Tata Krama di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock