Sabtu, 16 Desember 2017

Ansor Krejengan Gelar Festival Hadrah Al-Banjari

Probolinggo, Sang Pencerah Muslim. Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Krejengan Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Probolinggo menggelar Festival Hadrah Al-Banjari di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Senin (21/12). Sebanyak 480 orang peserta yang tergabung dalam 48 grup unjuk kebolehan dalam festival ini.

Ansor Krejengan Gelar Festival Hadrah Al-Banjari (Sumber Gambar : Nu Online)
Ansor Krejengan Gelar Festival Hadrah Al-Banjari (Sumber Gambar : Nu Online)

Ansor Krejengan Gelar Festival Hadrah Al-Banjari

Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Probolinggo H Asy’ari. Pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Kanpora Probolinggo H Syafi’uddin dan Ketua GP Ansor Krejengan Ahmad Anshori yang didampingi para pengurus.

Anshori mengatakan, festival hadrah ini bertujuan untuk mengapresiasi bakat seni pemuda dalam bidang hadrah sekaligus memberikan kegiatan positif di tengah-tengah perkembangan zaman yang semakin pesat.

Sang Pencerah Muslim

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kesenian hadrah bisa terus dilestarikan dan semakin dicintai oleh para pemuda. Sebab hadrah ini merupakan salah satu media untuk kita senantiasa membaca sholawat kepada Rasulullah SAW,” katanya.

H Asy’ari mengungkapkan, hadrah merupakan kesenian khas Indonesia. Meskipun di daerah lain juga ada, tetapi jumlahnya tidak sebanyak di Indonesia. Sebab kesenian hadrah ini ada di setiap desa.

Sang Pencerah Muslim

“Kita harus terus mengupayakan agar seni hadrah bisa berkembang terus di masyarakat. Kalau tidak melakukan pembinaan sebagai upaya pelestarian, tidak menutup kemungkinan hadrah ini akan hilang. Padahal ini adalah warisan dari leluhur kita, para alim ulama,” ujarnya.

Menurut Asy’ari, ke depan tantangan generasi muda semakin berat dan kompleks. Karenanya generasi muda perlu diarahkan dan dibimbing sehingga menjadi generasi yang cerdas dan mencintai Rasulullah SAW.

“Saya berharap agar para pemuda terus memupuk kecintaan kepada Allah SWT, Rasulullah SAW dan alim ulama agar nantinya menjadi manusia yang bermanfaat di dunia dan akhirat,” jelasnya.

Sedangkan Kasi Pengembangan Kepemudaan Kanpora Probolinggo Jadjid mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan memberikan kesempatan kepada generasi muda dalam mengembangkan kreatifitas di bidang kesenian, khususnya seni hadrah agar muncul pemuda-pemuda kreatif. (Syamsul Akbar/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Pahlawan Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Ansor Krejengan Gelar Festival Hadrah Al-Banjari di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock