Selasa, 28 November 2017

NU Gelar Haul Akbar Pahlawan Nasional

Surabaya, Sang Pencerah Muslim. Nahdlatul Ulama (NU) akan menyelenggarakan Haul Akbar Pahlawan Nasional pada 10 November mendatang di 113 masjid yang ada di Kota Surabaya, dan di kawasan Monumen Tugu Pahlawan.

Acara yang dimotori oleh Pengurus Wilayah Jamiyyatul Qurra’ wal Huffadh (JQH) NU Jatim ini akan diawali dengan simaan Al-Qur’an bil ghaib (hafalan) dari pukul 06.00 sampai 13.00 WIB. Setiap satu masjid, khatmil Qur’an dilakukan oleh 17 hafidz dan hafidzoh. Jadi ada 1945 hafidz hafidzoh terlibat dalam perhelatan ini.

NU Gelar Haul Akbar Pahlawan Nasional (Sumber Gambar : Nu Online)
NU Gelar Haul Akbar Pahlawan Nasional (Sumber Gambar : Nu Online)

NU Gelar Haul Akbar Pahlawan Nasional

“Betapa indahnya jika pada 10 Nopember nanti di setiap sudut kota terdengar alunan bacaan Al-Qur’an, selain memberikan berkah bagi pembaca dan pendengar juga pada para syuhada’ pahlawan nasional,” kata Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Bukhori, kepada Kontrobutor Sang Pencerah Muslim Rijal Mumazziq.

Ketua PWNU Jatim, KH Ali Maschan Moesa menilai acara Haul Akbar Pahlawan Nasional itu adalah wujud kepedulian anak bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan mendoakannya.

“Saya mengharapkan agar kegiatan ini dapat lebih memperkokoh keimanan dan akidah serta mempererat hubungan antar komponen bangsa dalam membangun bangsa dan negara,” kata Ali Maschan.

Menurut Ketua Panitia, KH Abdullah Faqih, acara ini merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Allah SWT atas anugerah kemerdekaan. “Juga, sebagai rasa ungkapan terima kasih atas jasa para pahlawan nasional,” katanya.

Sang Pencerah Muslim

Menurut alumni Pesantren Langitan ini, selama ini para pahlawan hanya dihormati dengan sikap mengheningkan cipta, hormat senjata atau acara seremonial saja. “Maka dengan haul ini, kami ingin mendoakan arwah para pahlawan kita,” tambahnya.

Acara serupa sebenarnya sudah pernah digelar di tempat yang sama pada 2003 silam, namun dalam skala kecil. Kini, dengan persiapan matang, JQH melanjutkan tradisi yang telah dirintis empat tahun silam.

Sang Pencerah Muslim

“Kami juga merekomendasikan Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya agar acara ini menjadi rutinitas saban tahun,” papar Kiai Faqih, sapaan akrabnya. Ia menambahkan, citra Surabaya sebagai kota pahlawan akan mendukung kegiatan ini sebagai sarana wisata religi.

Rencananya, selepas Khatmil Qur’an, beberapa seremoni juga dilaksanakan. Dari upacara resmi haul pahlawan nasional, hingga ikrar kesetiaan PW JQH NU Jatim periode 2007-2012.

Rencananya acara tersebut akan dihadiri sekitar 20.000 massa. Seluruh Pengurus Cabang NU, MUI se-Jatim, segenap Bupati dan Walikota juga hadir dalam gawe ini. Adapun dari anggota Kabinet, Menkominfo M Nuh sudah menyatakan kesediannya untuk hadir.(rij/nam)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim RMI NU, Daerah Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. NU Gelar Haul Akbar Pahlawan Nasional di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock