Sabtu, 18 November 2017

Madrasah di Bawah Naungan Pesantren Diminta Siapkan 3 Keahlian Ini

Jombang, Sang Pencerah Muslim. Menghadapi dunia yang penuh dinamis, pesantren diharuskan mengikuti perkembangan. Namun demikian, harus ada ciri khas yang menjadi nilai lebih di madrasah yang dikelola.

"Saya menyarankan setiap madrasah yang berada di bawah pengelolaan pesantren harus menyiapkan tiga program studi," kata Abdul Haris pada seminar nasional dengan tema Quo Vadis Madrasah dalam Menyiapkan SDM di Era Tuntutan Global, Sabtu (28/5) di Pesantren Tambakberas, Jombang Jawa Timur.?

Madrasah di Bawah Naungan Pesantren Diminta Siapkan 3 Keahlian Ini (Sumber Gambar : Nu Online)
Madrasah di Bawah Naungan Pesantren Diminta Siapkan 3 Keahlian Ini (Sumber Gambar : Nu Online)

Madrasah di Bawah Naungan Pesantren Diminta Siapkan 3 Keahlian Ini

Terkait dengan lembaga pendidikan formal di tingkat madrasah aliyah, lanjutnya, ketiganya adalah madrasah aliyah yang konsentrasi terhadap ilmu agama, umum, serta madrasah kejuruan.

Dalam pandangan guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini, untuk madrasah aliyah yang pertama memang hanya menerima mereka yang diproyeksikan sebagai ulama atau ahli agama. "Sehingga materi yang di dalam adalah tentang bahasa asing, logika, filsafat dan riset, juga sains dan teknologi informasi, serta internalisasi nilai kenabian," kata Haris.

Sedangkan untuk madrasah aliyah program studi umum adalah pilihan bagi mereka yang memang akan melanjutkan studi menjadi mahasiswa di berbagai kampus.

"Untuk yang ketiga adalah siswa yang diterima di madrasah aliyah lantaran memiliki tujuan keahlian karena ingin langsung bekerja," ungkapnya Ketua PW LP Maarif NU Jatim ini.

Sang Pencerah Muslim

Namun yang harus dipahami bahwa tiga prodi tersebut dikelola dalam satu madrasah di pesantren. "Sehingga madrasah langsung dapat mengarahkan para sisanya sesuai minat yang diinginkan," katanya.

Pemberian tiga prodi tersebut sebagai jawaban atas tantangan pesantren yang kian kompleks. "Karenanya pesantren harus siap dengan tantangan tersebut," terangnya.

Narasumber lain adalah Rektor UIN Maliki Malang, Mudjia Rahardjo serta Ida Fauziyah dari Kondisi X DPR RI.

Kegiatan ini menjadi matarangkai dari peringatan 1 abad madrasah dan 191 tahun Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. (Ibnu Nawawi/Zunus)

Sang Pencerah Muslim

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Sejarah, Warta Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Madrasah di Bawah Naungan Pesantren Diminta Siapkan 3 Keahlian Ini di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock