Sabtu, 18 November 2017

GP Ansor Gelar Pertukaran Pemuda Internasional untuk Perkuat Islam Nusantara

Jakarta, Sang Pencerah Muslim. Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda menyelenggarakan acara pertukaran pemuda antar budaya (Global Intercultural Youth Exchange) dengan tema Strengthening Global Bond for A Better World selama tiga hari, mulai tanggal 18 sampai 20 Mei. Rencananya, peserta akan diajak ke Kebumen dan Yogyakarta untuk melihat secara langsung praktik masyarakat setempat dalam beragama dan berbudaya.

Ketua GP Ansor Abdul Azis Wahid menjelaskan, ini adalah agenda pertukaran pemuda kedua yang diselengggarakan oleh sayap organisasi NU itu. “Ini adalah projek even kedua yang diselenggarakan oleh GP Ansor,” kata Azis saat memberikan sambutan dalam upacara pembukaan acara tersebut di Aula Iqbal Assyegaf Gedung PP GP Ansor Pusat Jakarta, Kamis (18/5).

GP Ansor Gelar Pertukaran Pemuda Internasional untuk Perkuat Islam Nusantara (Sumber Gambar : Nu Online)
GP Ansor Gelar Pertukaran Pemuda Internasional untuk Perkuat Islam Nusantara (Sumber Gambar : Nu Online)

GP Ansor Gelar Pertukaran Pemuda Internasional untuk Perkuat Islam Nusantara

Azis menjelaskan, maksud dan tujuan diselenggarakannya agenda tersebut adalah untuk memperkenalkan khazanah kebudayaan Indonesia kepada para pemuda dan pelajar internasional, khususnya tentang Islam Nusantara.?

“Intinya kita membuat mereka aware (sadar) tentang konsep Islam Nusantara dalam kehidupan sehari-hari. Supaya mereka mengerti bahwa inilah yang sebenarnya yang dipraktikkan selama ratusan tahun,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, acara tersebut diadakan untuk membangun kesaling percayaan antar pemuda dari berbagai bangsa. “Kita ingin membangun mutual trust,” tegasnya.?

Sang Pencerah Muslim

Rencananya, imbuh Azis, mereka akan mengunjungi salah satu Pondok Pesantren tertua yang berada di Kabupaten Kebumen. Sementara di Yogyakarta dipilih karena Kota Gudeg tersebut adalah merupakan pusat kebudayaan nusantara. ?

Sang Pencerah Muslim

“Pesantren Al-Kahfi itu hampir empat ratusan tahun dan memiliki sejarah yang panjang terhadap perjalanan Islam di Indonesia. Mereka menjadi laskarnya Islam sejak zaman dahulu. Yang kedua Yogya sebagai ikon budaya,” urainya.

Senada dengan itu, Pengurus Departemen Luar Negeri GP Ansor Fathul Masykur mengatakan, agenda ini berupaya untuk mengenalkan Islam Nusantara dengan cara yang ringan, menghibur, dan menyenangkan.

“Kita akan ajak jalan-jalan ke beberapa destinasi yang memiliki nilai budaya dan agama. Di Kebumen, mereka akan dikenalkan dengan kehidupan pesantren. “Dan Insyaallah kita akan bertemu sultan di Yogya,” ungkapnya.?

Ia berharap, agenda ini akan membuat hubungan pemuda antar negara tersebut menjadi semakin erat. “Bisa mengenal satu sama lain dan juga saling belajar,” cetusnya. ?

Acara pertukaran pemuda tersebut diikuti oleh 85 peserta yang berasal dari 23 negara. Ada yang dari Sudan, Yordania, Belanda, dan Amerika Selatan. (Muchlishon Rochmat/Fathoni) ?

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Doa Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. GP Ansor Gelar Pertukaran Pemuda Internasional untuk Perkuat Islam Nusantara di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock