Rabu, 01 November 2017

Dengan Sentuhan Teknologi, Perkembangan Pesantren Kian Terarah

Pasuruan, Sang Pencerah Muslim - Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS Surabaya Agus Zainal Arifin mendukung pesantren memanfaatkan teknologi agar capaian pembelajaran (learning outcome) para santri dapat terpantau. Teknologi juga sebagai sarana mendekatkan para santri dengan orang tuanya.

Demikian disampaikan Agus Zainal saat memberikan materi di hadapan peserta Silatnas Ayo Mondok di Pandaan Pasuruan.

Dengan Sentuhan Teknologi, Perkembangan Pesantren Kian Terarah (Sumber Gambar : Nu Online)
Dengan Sentuhan Teknologi, Perkembangan Pesantren Kian Terarah (Sumber Gambar : Nu Online)

Dengan Sentuhan Teknologi, Perkembangan Pesantren Kian Terarah

Pada kesempatan ini Agus menguraikan sejumlah manfaat dari teknologi. "Kiai akan dapat memantau perkembangan materi yang diajarkan di pesantren, sekaligus capaian yang diraih," katanya, Sabtu (14/5).

Sang Pencerah Muslim

Agus juga menawarkan aplikasi secara gratis yang dapat diterapkan di setiap madrasah dan pesantren. "Biayanya tidak ada, hanya masalah kemauan dari pimpinan madrasah dan pesantren untuk menjalankan," ungkapnya.

Karena, dalam pandangan mantan Rais Syuriyah PCINU Jepang ini masing-masing pesantren dan madrasah telah memiliki perangkat komputer. "Praktis tidak diperlukan biaya apa-apa," sergahnya.

Sang Pencerah Muslim

Di hadapan pimpinan pesantren se-Indonesia Agus menunjukkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan.

"Dengan mengisi kolom sesuai yang dibutuhkan, seluruh dinamika lembaga pendidikan dan perkembangan santri beserta capaian yang diraih bisa diperhatikan dengan cermat dan efisien," ungkapnya.

Agus berharap pimpinan pesantren segera berbenah dengan menggunakan teknologi. Ia tidak sependapat dengan berbagai alasan terkait minimnya jaringan internet. "Apa yang tidak bisa direngkuh semuanya, jangan ditinggal seluruhnya," katanya.

Justru dengan memanfaatkan yang dimiliki, bukan tidak mungkin banyak kemajuan yang diraih pesantren. "Yang dibutuhkan bukan alasan dan keluhan, namun kemauan dari pemangku pesantren dan madrasah," pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Alhafiz K)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Daerah, Sejarah Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Dengan Sentuhan Teknologi, Perkembangan Pesantren Kian Terarah di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock