Selasa, 14 November 2017

Bupati Pringsewu Berharap Tradisi Tumpengan Dilestarikan

Pringsewu, Sang Pencerah Muslim 

Bupati Pringsewu H. Sujadi teringat masa kecilnya yang tinggal di kampung daerah Bantir, Temanggung, Jawa Tengah. Pasalnya sesaat setelah pelaksanaan Shalat Id yang dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, para Jamaah menyuguhkan sajian tradisional khas jawa yaitu nasi tumpeng. 

Bupati Pringsewu Berharap Tradisi Tumpengan Dilestarikan (Sumber Gambar : Nu Online)
Bupati Pringsewu Berharap Tradisi Tumpengan Dilestarikan (Sumber Gambar : Nu Online)

Bupati Pringsewu Berharap Tradisi Tumpengan Dilestarikan

Pada saat kunjungan dan melaksanakan Shalat Idul Adha 1438 H di Desa Fajaresuk, Pringsewu, Jumat (1/9) itu, bupati melihat 17 buah tumpeng yang disediakan dengan 17 ayam ingkung yang sudah dihias sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk dinikmati.

Sebelum menikmati tumpeng tersebut, seluruh jamaah mendoakan para leluhur teriring harapan segala amal ibadah mereka diterima oleh Allah SWT. Jamaah juga berdoa agar daerahnya diberikan kesejahteraan, ketentraman dan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Pada kesempatan tersebut Bupati yang juga seorang kiai ini sangat menikmati acara tumpengan tersebut. Ia memanfaatkan momen kebersamaan bersama warganya tersebut dengan menikmati sajian hasil kreasi para jamaah.

Ia berharap tradisi tumpengan tersebut dapat terus dilestarikan khususnya di Kabupaten Pringsewu yang mayoritas penduduknya dari bersuku Jawa.

Sang Pencerah Muslim

"Maturnuwun. Perlu dilestarikan. Kelingan (teringat) zaman cilik (kecil) nang (di) Bantir. Mugo-mugo tambah berkah. Kabul hajate," demikian ia mengekspresikan kebahagiannya menggunakan bahasa Jawa.

Sang Pencerah Muslim

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terima kasih atas sambutan warga Fajaresuk kepada rombongan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu. Ia berharap kegiatan Shalat Idul Adha Pemda Pringsewu di masjid tersebut akan menjadi wasilah semakin eratnya silaturahim antara masyarakat dan pemerintah.

Ia juga  berharap dengan shadaqah yang diberikan oleh jamaah Masjid Nurul Huda tersebut, akan menjadikan keberkahan dan ketentraman bagi Kabupaten Pringsewu. 

"Semoga amal ibadah para pendahulu yang telah membangun Desa Fajaresuk diterima oleh Allahw SWT, Al Fatihah," pungkas Mustasyar PCNU Pringsewu ini.

Ikut serta pada kegiatan Shalat Idul Adha tersebut, Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi beserta jajaran pejabat di Lingkungan Pemda Pringsewu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pringsewu, Ketua MUI Pringsewu dan sejumlah tokoh di Kabupaten Pringsewu. (Muhammad Faizin/Abdullah Alawi)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Nahdlatul, Sholawat Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Bupati Pringsewu Berharap Tradisi Tumpengan Dilestarikan di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock