Kamis, 12 Oktober 2017

Menko Kesra Resmikan Kawasan Makam Presiden Gus Dur

Jombang, Sang Pencerah Muslim. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono meresmikan kawasan Makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid. Pembangunan kawasan makam Gus Dur ini yang menelan biaya sekitar Rp 180 miliar ditargetkan selesai tahun 2013 mendatang.

Agung mengatakan, peresmian fasilitas kawasan makam Gus Dur baru tahap awal, karena beberapa pembangunan seperti museum, tempat parkir belum selesai. “Ini peresmian awal, beberapa pengembangan fasilitas di lingkungan makam yang berada dikomplek PP Tebuireng Jombang yang sudah selesai,” ujarnya, Ahad (10/6).

Menko Kesra Resmikan Kawasan Makam Presiden Gus Dur (Sumber Gambar : Nu Online)
Menko Kesra Resmikan Kawasan Makam Presiden Gus Dur (Sumber Gambar : Nu Online)

Menko Kesra Resmikan Kawasan Makam Presiden Gus Dur

Beberapa fasilitas yang telah selesai pembangunannya diantaranya, tempat dzikir peziarah, ruang makan, peginapan, sanitasi serta akses jalan. “Utamanya adalah untuk kepentingan peziarah agar tidak mengganggu aktifitas santri dalam proses belajar dan mengaji,” imbuhnya yang diamini pengasuh PP Tebuireng KH Shalahudin Wahid yag juga adik Gus Dur.

Sang Pencerah Muslim

Menkokesra menambahkan, pembangunan kawasan makam ini dibiayai secara bersama sama antara pemerintah daerah kabupaten Jombang, propinsi Jawa Timur dan pemerintah pusat juga bantuan dari masyarakat. Anggaran yang direncanakan adalah Rp 180 miliar.

”Diantaranya untuk pembangunan museum, tempat parkir, sanitasi dan untuk pembebasan lahan. Sedangkan untuk makam Gus Dur sendiri permintaan keluarga tidak boleh dirubah,” tandas Menteri asal Partai Golkar ini.

Sang Pencerah Muslim

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, bangunan anyar yang telah berdiri adalah bangunan memanjang bertingkat berada disebelah timur areal makam, bangunan untuk dzikir ini diperkirakan panjangnya 50 meter, disamping tempat yang telah ada sebelumnya. Disebelah utara makam kini berdiri bangunan bertingkat megah yang rencananya untuk penginapan dan ruang makam peziarah serta sanitasi.?

“Ini yang sudah diselesaikan, tempat ini semuanya untuk peziarah,” tandas Gus Sholah.?

Redaktur ? : Mukafi Niam

Kontributor: Muslim Abdurrahman

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Pahlawan, Nahdlatul Ulama, Habib Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Menko Kesra Resmikan Kawasan Makam Presiden Gus Dur di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock