Kamis, 01 Februari 2018

Ansor Kampar dan Sumbersuko Peringati Haul Gus Dur

Jakarta, Sang Pencerah Muslim. GP Ansor Kabupaten Kampar Riau untuk kali pertama menggelar haul Gus Dur. Acara yang diikuti 70 peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor Kampar itu diisi dengan tahlilan dan tausiyah Gus Najib Buchori dari Tuban.

Ansor Kampar dan Sumbersuko Peringati Haul Gus Dur (Sumber Gambar : Nu Online)
Ansor Kampar dan Sumbersuko Peringati Haul Gus Dur (Sumber Gambar : Nu Online)

Ansor Kampar dan Sumbersuko Peringati Haul Gus Dur

Haul Gus Dur digelar usai sholat isya dan sekaligus penutupan acara PKD GP Ansor Kampar yang sudah berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 27 Desember dan berakhir pada Senin dini hari, 30 Desember 2013.?

Inisiator kegiatan Purwaji mengatakan, pelaksanaan Haul Gus Dur sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan Mantan Ketua Umum PBNU dan Presiden RI tersebut. Para kader Ansor seharusnya meneladani dan menjadi penerus perjuangan Bapak Pluralisme Gus Dur.?

Sang Pencerah Muslim

"Kader Ansor harus jadi pengawal Islam Aswaja, menjaga pluralisme sebagaimana Gus Dur telah memberi contoh kepada Bangsa ini," katanya.?

Sang Pencerah Muslim

Sementara Gus Najib Buchori dalam tausiyahnya mengatakan bahwa Gus Dur adalah pemimpin yang selalu berhasil mengkader orang. Bahkan Gus Dur rela jika suatu saat kader yang dibesarkannya melampaui dirinya sendiri.?

"Kader Ansor harus seperti itu juga, jangan takut mengakader orang dan berpikir bahwa suatu saat akan melampaui kita, kita harus bangga jika nanti kader kita ternyata lebih hebat dari kita," kata Kiai muda alumni Al Azhar Mesir itu.?

PKD GP Ansor Kampar diikuti 70 peserta dari 11 kecamatan se Kampar. Selama empat hari peserta ditanamkan ideologi Aswaja, ke NU an, baris berbaris ala Banser, keorganisasian Ansor dan lain-lain.?

Satu sesi juga diisi dengan pemutaran Film dokumenter NU produksi PBNU yang membuat peserta sangat antusias dan lebih bersemangat. ?

Haul Gus Dur juga digelar oleh Ansor Sumbersuko Lumajang pada tanggal 27 Desember 2013 pukul 19.30, di Masjid Ar Araudlah Labruk Kidul Kec. Sumbersuko Kab. Lumajang. Ratusan jamaah mengikuti kegiatan Tahlil Akbar dalam rangka haul ke-4 Almaghfurlah KH Abdurrahman Wahid.?

Hadi Husen N selaku ketua Panitia sekaligus Ketua PAC GP Ansor Kec. Sumbersuko mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan mencontoh keteladanan yang dimiliki oleh sosok Gus Dur sebagai guru bangsa yang dengan tabah dan sabar meskipun beliau dihujat, dicaci dan dimaki oleh lawan politiknya.?

“Beliau adalah pahlawan bangsa yang memperjuangkan pluralisme dalam berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Acara yang juga dihadiri ketua PC GP Ansor Kab. Lumajang Adam Bahiro, Wakil Ketua PCNU Kab. Lumajang Ust. Noer Khotib, seluruh jajaran MWC NU, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU dan dari unsur Muspika Kec. Sumbersuko serta seluruh kepala desa (6 yang baru terpilih dan 2 kepala desa yang masih aktif) yang ada di wilayah Kec. Sumbersuko.

Dalam acara tersebut, mauidlotul hasanah disampaikan oleh KH Amran Nadhif dari Sidoarjo yang juga sekretaris Jamiyah Quro wal Hufadz Wilayah Jawa Timur.?

Sebagai penutup para jamaah menyaksikan film perjuangan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari yang berjudul “ Sang Kiai”. (purwaji/hadi/mukafi niam)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Berita Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Ansor Kampar dan Sumbersuko Peringati Haul Gus Dur di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock