Minggu, 08 Juni 2014

Mengenal Tompokan, Tradisi Khas Jember Sambut Idul Fitri

Jember, Sang Pencerah Muslim - Warga Kabupaten Jember, Jawa Timur masih mempertahankan? tradisi "tompokan" untuk menyambut? Idul Fitri. Tompokan adalah tradisi menyembelih seekor sapi atau lebih dan dagingnya dibagikan kepada anggota yang telah ikut arisan tompokan.

Tompokan berasal dari bahasa Madura yang artinya tumpukan. Maksudnya dengan ikut arisan tompokan, anggota dapat setumpuk daging komplet, yang terdiri dari daging, tulangan, hati, dan sebagainya menjadi satu tumpuk. Berat atau banyaknya daging yang didapat anggota sama, karena daging murninya ditimbang sebelum dibagi di masing-masing tumpukan.

Mengenal Tompokan, Tradisi Khas Jember Sambut Idul Fitri (Sumber Gambar : Nu Online)
Mengenal Tompokan, Tradisi Khas Jember Sambut Idul Fitri (Sumber Gambar : Nu Online)

Mengenal Tompokan, Tradisi Khas Jember Sambut Idul Fitri

Arisan tompokan itu awalnya hanya kegiatan sambilan dari arisan Yasinan atau sarwa’an (tahlilan). Di satu lingkungan biasanya digelar Yasian setiap malam Jumat, atau sarwa’an setiap malam Selasa. Kegiatan? Yasinan biasanya menetap di mushala. Sedangkan sarwa’an tempatnya bergilir di setiap rumah jamaah.

Sang Pencerah Muslim

“Nah di akhir acara biasanya ada tarikan iuran untuk arisan tompokan itu. Begitu seterusnya hingga mencapai jumlah tertentu i akhir tahun atau menjelang Ramadhan. Setelah uangnya terkumpul semua maka dibelikan sapi oleh ketua arisan.” ujar Ustadz? Misbahul Munir, pengurus Ranting NU Antirogo, Kecamatan Sumbersari kepada Sang Pencerah Muslim di Jember, Selasa (5/7).

Menurutnya, arisan tompokan cukup diminati karena jika dibandingkan dengan beli daging secara cash di pasar, sistem tompokan masih jauh lebih murah. Misalnya setiap anggota? tompokan, jumlah uang arisannya mencapai Rp. 350.000/tahun, ia bisa dapat daging? murni 2,5 kilogram. Belum daging serabutan lainnya.? “Jadi sampai saat ini tompokan masih diminati, apalagi sekarang daging begitu mahal,” tambah Ustadz Misbah.

Sang Pencerah Muslim

Sekedar diketahui, menjelang lebaran? harga daging sapi di Jember mencapai Rp120.000 hingga Rp130.000,- Sedangkan harga daging ayam? Rp50.000.

Dalam pengamatan Sang Pencerah Muslim,? sepanjang hari ini, cukup banyak warga yang mengikuti arisan tompokan. Sebab, sapi tompokan lumrah disembelih satu hari menjelang Lebaran. (Aryudi A. Razaq/Mahbib)

Dari Nu Online: nu.or.id

Sang Pencerah Muslim Habib Sang Pencerah Muslim

Sang Pencerah Muslim Indonesia Muhammadiyah Sang Pencerah Islam. Mengenal Tompokan, Tradisi Khas Jember Sambut Idul Fitri di Sang Pencerah Muslim ini merupakan bukan asli tulisan admin, oleh karena itu cek link sumber.

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Sang Pencerah Muslim sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Sang Pencerah Muslim. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Sang Pencerah Muslim dengan nyaman.

Jika anda tidak ingin mendisable AdBlock, silahkan klik LANJUTKAN


Nonaktifkan Adblock